Sosialisasi dan Night Coffe Bersama Awak Media Digelar KPU Rohul, Terkait Persiapan Pelaksanaan PSU

TAKARAN.id, ROHUL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengadakan Sosialisasi dan Night Coffe dengan awak media yang bertugas di Kabupaten Rohul. Acara ini diadakan di Aula Pertemuan Lantai Satu Hotel Sapadia Pasir Pengaraian pada Kamis malam (27/06/2024) sekitar pukul 21.00 WIB.

Sosialisasi ini dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI) nomor 247-01-04-04/PHPU-DPR-DPRD-XXII/2024 tanggal 6 Juni 2024.

Ketua KPU Rokan Hulu, Cepi Abdul Husen, menyampaikan bahwa PSU akan dilaksanakan di 31 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan tahapan dan jadwal PSU pada Pemilu tahun 2024, yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2024 nanti,” kata Cepi Abdul Husen saat membuka acara.

Cepi berharap kehadiran awak media dalam acara ini dapat membantu KPU mensosialisasikan informasi terkait PSU kepada masyarakat melalui pemberitaan. Dia juga berharap PSU dapat berlangsung sukses dan lancar.

Ia juga menjelaskan tahapan dan jadwal PSU yang akan dilaksanakan di 31 TPS Desa Tambusai Utara. Adapun tahapan yang harus dilaksanakan oleh KPU dimulai dari penyiapan anggaran pada Jum’at 14 Juni sampai penyiapan TPS pada Jum’at 12 Juli 2024.

Untuk PSU di TPS akan dilaksanakan pada hari Sabtu 13 Juli 2024 dan pengumuman hasil rekapitulasi PSU di Kabupaten/Kota pada Kamis 18 Juli 2024. Sementara itu, rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat KPU Provinsi dan penetapan hasil Pemilu Anggota DPRD Provinsi berlangsung selama dua hari, Kamis 18 Juli 2024 hingga Jumat 19 Juli 2024. Pengumuman hasil rekapitulasi perolehan suara ulang di Provinsi juga berlangsung selama dua hari, Sabtu 20 Juli 2024 hingga Minggu 21 Juli 2024.

“Kita juga berharap informasi terkait PSU ini dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, sehingga partisipasi masyarakat dalam PSU dapat meningkat dan pelaksanaan PSU dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkap Ketua KPU Rokan Hulu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang diwakili oleh Gummer Siregar, juga memberikan apresiasi kepada KPU atas pelaksanaan acara ini. Dia juga berharap PSU di 31 TPS tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita juga dari Bawaslu sudah mempersiapkan segala bentuk pengawasan demi kelancaran PSU yang akan dilaksanakan di Desa Tambusai Utara. Kami berharap agar PSU ini berlangsung dengan jujur, adil, dan transparan,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, juga dibahas masalah kontrak kerja sama antara media dengan KPU Rokan Hulu yang selama ini belum terealisasi. Ketua KPU, Cepi Abdul Husen, menjelaskan bahwa pihaknya telah mengusulkan kerja sama dengan seluruh media di Rohul, baik media elektronik, media cetak, maupun media online.

“Namun, sejauh ini baru media cetak dan media elektronik yang bisa terlibat dalam kerja sama tersebut. Kita hanya mengikuti prosedur dari KPU pusat, aturan apa yang di keluarkan oleh KPU pusat maka itulah yang kami jalankan,” ucap Cepi mengakhiri.

Hadir dalam giat ini, Ketua Kesbangpol yang di Wakili oleh Kabid Politik Dollah Siregar, Ketua Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu yang di wakili oleh Gummer Siregar, Ketua dan Anggota Komisioner KPU Kabupaten Rokan Hulu dan Puluhan Awak Media Wartawan yang bertugas Di Kabupaten Rokan Hulu.***

Ardi ramadhan