Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian dan Sertijab Kapolsek Ujung Batu Dipimpin Langsung Kapolres Rohul

TAKARAN.id, ROHUL – Kapolres Rohul pimpin Upacara kenaikan pangkat pengabdian periode 1 Juni 2024 dan serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Ujung Batu berlangsung khidmat di Lapangan Apel Polres Rokan Hulu (Rohul) pada Rabu (05/06/2024) pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

Upacara ini dipimpin oleh Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, SIK.MH dan dihadiri oleh jajaran pejabat Polres Rohul, termasuk Wakapolres Kompol Rahmat Hidayat, SIK, para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasubbag, Kasi, KBO, Kanit, perwira, dan personel Polres Rohul, serta Ketua dan seluruh pengurus Bhayangkari Cabang Rohul.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan memasuki lapangan oleh Komandan Upacara, diikuti oleh Kapolres Rohul sebagai Inspektur Upacara. Setelah penghormatan kepada Inspektur Upacara dan laporan Komandan Upacara, acara dilanjutkan dengan laporan kenaikan pangkat oleh personil yang naik pangkat, yaitu AKP Dasril SH yang menjabat sebagai Kasi Kum Polres Rohul dinaikkan pangkatnya dari Ajun Komisaris Polisi (AKP) menjadi Komisaris Polisi (Kompol).

Selain itu, acara Sertijab Kapolsek Ujung Batu juga berlangsung. Jabatan Ps Kapolsek Ujung Batu Polres Rohul yang sebelumnya dipegang oleh AKP Hermansyah SH, kini diisi oleh AKP Robby Hidayat, SE, yang sebelumnya menjabat Ps Kanit 2 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Riau.

Prosesi penanggalan dan pemasangan pangkat serta tanda jabatan dilakukan oleh Kapolres Rohul, diikuti dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara serah terima, pengambilan sumpah, dan pakta integritas.

Dalam amanatnya, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, SIK.MH menyampaikan kebanggaannya atas kenaikan pangkat Kompol Dasril SH yang dianggap sebagai penghargaan istimewa dari pimpinan Polri.

“Kenaikan pangkat pengabdian ini merupakan penghargaan atas prestasi, kinerja, dan pengabdian saudara kepada masyarakat, bangsa, dan negara selama ini,” ujar AKBP Budi.

Kapolres menjelaskan bahwa kenaikan pangkat ini bukan hak absolut, melainkan penghargaan dari pimpinan Polri kepada anggota yang memiliki etos kerja yang baik dan berprestasi. Ia menekankan bahwa prestasi yang diraih tidak lepas dari dukungan masyarakat dan rekan kerja.

“Tanpa dukungan dan kerja sama mereka, apa yang saudara lakukan tidak mungkin berhasil dengan baik sesuai yang diharapkan,” jelasnya.

Selain itu, AKBP Budi juga menyoroti pentingnya mutasi dalam organisasi Polri untuk penyegaran, pengembangan karier, dan peningkatan kinerja.

“Pergantian kepemimpinan diharapkan mampu menciptakan semangat dan suasana baru dalam lingkungan organisasi,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat lama AKP Hermansyah SH atas prestasi dan pengabdian selama menjabat sebagai Ps Kapolsek Ujung Batu, serta menyambut pejabat baru AKP Robby Hidayat SE.

“Selamat datang dan selamat mengemban jabatan di Polres Rohul. Saya yakin dengan kemampuan yang saudara miliki, dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas kinerja yang dibutuhkan organisasi,” tambahnya.

Kapolres juga menekankan pentingnya terobosan kreatif dalam mendukung tugas secara profesional, proporsional, dan obyektif, agar harapan masyarakat untuk rasa aman dan nyaman dapat terpenuhi.

“Tantangan tugas Polri ke depan semakin berat, kita dituntut untuk selalu peka dalam mencermati setiap perkembangan situasi di wilayah,” tutup AKBP Budi mengakhiri amanatnya.***

Ardi ramadhan