Jaga Stabilitas Pasokan Juga Harga Pangan Jelang HKBN dan Hari Raya, Pemkab Rohul Gelar Gerakan Pangan Murah

TAKARAN.id, ROHUL – Dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Taman Kota Pasir Pengaraian, Kamis (06/06/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hulu yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pemerintahan Drs. H. Ibnu Ulya, M.Si menyampaikan bahwa meningkatnya inflasi saat ini mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat.

Hal ini disebabkan oleh tingginya harga bahan bakar minyak serta ekstremnya cuaca di beberapa daerah penghasil bahan pangan yang menyebabkan harga bahan pangan pokok menjadi lebih mahal.

“Fluktuasi pasokan dan harga komoditas pangan yang terjadi selama ini tidak hanya merugikan petani, produsen, pengolah pangan, pedagang, namun juga mempersulit warga memperoleh pangan yang dibutuhkan. Jika hal ini dibiarkan, tidak hanya mempengaruhi inflasi, tetapi juga bisa menimbulkan keresahan sosial,” ujar Ulya.

Sebagai solusi, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui DKPP meluncurkan Gerakan Pangan Murah ini.

“Kegiatan ini merupakan langkah proaktif Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu yang perlu dukungan semua pihak dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan sekaligus aksesibilitas masyarakat dalam pemenuhan bahan pangan,” jelas Ulya.

GPM ini bekerja sama dengan Bulog cabang Kampar, agen dan distributor, serta petani lokal. Ulya berharap dengan adanya GPM ini dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk meningkatkan kembali daya beli.

“Masyarakat juga dapat memperoleh bahan pangan yang murah namun berkualitas. Khususnya dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, masyarakat bisa merasakan berbelanja pangan murah. Semoga gerakan ini dapat membantu masyarakat memperoleh bahan pangan yang diharapkan,” tambahnya.

PLT Kepala DKPP Rokan Hulu, CH Agung Nugroho, STP.MM didampingi Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Emrizon S.Pi dan Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Nurlaila Agusnaini Wati S.Pi, mengatakan bahwa GPM ini sesuai amanat dari Badan Ketahanan Pangan Nasional (Bapanas) untuk menghadapi Hari Raya Idul Adha dan menjaga stabilitas harga pangan di tengah fluktuasi inflasi daerah.

Agung menjelaskan, untuk GPM kali ini, DKPP menyediakan stok beras sebanyak 10 ton yang akan dikirim secara bertahap, minyak sebanyak 400 kg, dan gula sebanyak 300 kg, serta bahan pangan lainnya.

“Untuk komoditas pangan yang dijual, seperti gula Rp. 17.500/Kg, minyak Kita Rp.16.500/Kg, beras SPHP 5 Kg seharga Rp.63.000, bawang merah Rp. 45.000/Kg, bawang putih Rp. 37.000/Kg, serta telur ayam Rp. 52.000/papan,” ungkapnya.

Selain itu, DKPP juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan yang menyediakan stand skrining kesehatan gratis untuk masyarakat yang hadir, seperti pemeriksaan tensi darah dan gula darah.

Acara ini turut dihadiri oleh Kabag Perekonomian dan SDA Drs. Akmal, Camat Rambah, Lurah Pasir Pengaraian, Kades se-Kecamatan Rambah, serta ratusan masyarakat yang hadir silih berganti.***