Tingkatkan Kemampuan Teknis dan Manajerial, Pegawai Lapas Kelas ll B Pasir Pengaraian Ikuti Badiklat

TAKARAN.id, ROHUL – Sebanyak 40 orang pegawai Lembaga Pemasyarakatan dari 40 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di 9 provinsi mengikuti latihan teknis pemasyarakatan latihan kerja dan kegiatan kerja produksi angkatan II tahun anggaran 2024.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kepri, di Kota Batam pada tanggal 13 hingga 22 Mei 2024. Bahkan dalam kegiatan itu, Provinsi Riau mengirimkan 7 orang peserta dari 7 UPT, salah satuny dari Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian, Rokan Hulu (Rohul).

Kalapas Kelas IIB Pasir Pengaraian, Bahtiar Sitepu, menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial pegawai dalam menjalankan tugas sehari-hari di lapas.

“Praktik kerja lapangan (PKL) menjadi bagian penting dalam pelatihan ini,” kata Bahtiar pada Kamis (23/5/2024).

Bahtiar menambahkan, pelatihan tersebut dilaksanakan dari tanggal 12 sampai 23 Mei 2024.

“Dalam kegiatan ini, dilatih mulai dari praktik kerja lapangan, latihan kerja, dan kegiatan kerja produksi,” jelasnya.

Bahkan, lanjutnya, peserta diajak untuk terjun langsung dalam berbagai aspek operasional Lapas, termasuk pengawasan keamanan, manajemen narapidana, serta pelaksanaan program rehabilitasi dan reintegrasi sosial.

“Dari Lapas Pasir Pengaraian, kita mengirimkan Kasubsi Kegiatan Kerja, Andi Sarhairi. Dan Alhamdulillah, Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian menjadi peserta terbaik ke 2 dari 40 peserta yg berasal dari 9 Provinsi,” terangnya Bahtiar.

Kalapas berharap, dengan pengalaman dan ilmu yang didapat kiranya dapat diterapkan di Lapas Pasir Pengaraian.

“Pelatihan teknis pemasyarakatan latihan kerja, dan kegiatan kerja produksi ini diharapakan dapat lebih kompeten dan siap dalam menjalankan tugasnya, serta mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada warga binaan,” harapnya. (Ardi Ramadhan)

(Humas/FR)