Dinas PU PR Rohul Dapat Apresiasi Positif Dari Masyarakat, Terkait Capaian Program Pembangunan Infrastruktur

TAKARAN.id, ROHUL – Lagi lagi kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Hal ini tak terlepas dari capaian kegiatan yang telah direncanakan dan direalisasikan oleh Dinas PUPR dalam program pembangunan infrastruktur jalan desa.

Salah satu proyek yang mendapatkan pujian adalah pekerjaan pengerasan jalan sepanjang 3 kilometer dan pengaspalan 2 kilometer di akses jalan Desa Kota Baru, Kecamatan Kunto Darussalam. Pekerjaan tersebut telah selesai dengan baik dan membawa dampak positif yang dirasakan langsung oleh masyarakat setempat.

Kepala Desa Kota Baru, Hary Bagja Sianuddin, S.Sos, dalam wawancaranya dengan awak media pada Jumat (24/5), menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Rohul dan Dinas PUPR.

“Saya mewakili masyarakat Desa Kota Baru mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohul dan Dinas PUPR yang telah merealisasikan pekerjaan di akses jalan desa,” ucap Hary Bagja.

Hary Bagja menambahkan bahwa pekerjaan pengerasan dan pengaspalan jalan ini sangat berarti bagi masyarakat Desa Kota Baru karena jalan tersebut merupakan urat nadi dan pusat kegiatan ekonomi desa.

“Perbaikan infrastruktur jalan akses desa sudah lama diimpikan oleh masyarakat, karena akan berdampak signifikan bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat desa,” terangnya.

Tidak hanya itu, Hary Bagja juga berharap bahwa setelah pekerjaan akses jalan desa ini selesai, akan ada kelanjutan perbaikan infrastruktur lainnya di Desa Kota Baru.

“Kami berharap akan dapat dilanjutkan pada perbaikan infrastruktur pendukung lainnya lewat berbagai usulan agar menjadi skala prioritas Pemkab Rohul untuk pembangunan desa,” jelas Kades Kota Baru.

Ia menekankan bahwa perbaikan infrastruktur ini akan mendukung perekonomian masyarakat desa dan berdampak positif tidak hanya bagi Desa Kota Baru, tetapi juga desa-desa tetangga lainnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Rohul, Anton, ST, MM, menegaskan bahwa pekerjaan perbaikan akses jalan Desa Kota Baru merupakan bagian dari perencanaan untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur desa di Kabupaten Rohul.

“Pekerjaan di Desa Kota Baru merupakan usulan yang menjadi prioritas untuk peningkatan infrastruktur desa yang ada di Rohul,” kata Anton.

Anton menambahkan bahwa Dinas PUPR selalu berpedoman pada usulan dan aspirasi masyarakat yang akan masuk dalam perencanaan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan.

“Kami tetap bekerja sesuai perencanaan, namun pelaksanaan di lapangan kami fokuskan untuk pemerataan infrastruktur perbaikan akses jalan di setiap desa agar dampaknya dapat dirasakan menyeluruh oleh seluruh desa yang ada di Rohul,” tutup Anton.

Keberhasilan proyek ini tidak hanya menunjukkan komitmen Dinas PUPR Rohul dalam meningkatkan infrastruktur, tetapi juga memperlihatkan bagaimana pemerintah daerah mendengarkan dan menanggapi kebutuhan masyarakat. Dengan infrastruktur jalan yang lebih baik, diharapkan aktivitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa meningkat.

Masyarakat Desa Kota Baru sangat merasakan dampak positif dari perbaikan jalan ini. Warga setempat menyebut bahwa akses yang lebih baik mempermudah mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, termasuk distribusi hasil pertanian dan perdagangan. Dengan jalan yang telah diaspal dan diperkeras, kendaraan dapat melintas dengan lebih mudah dan aman, terutama saat musim hujan ketika jalan sebelumnya sering berlumpur dan sulit dilalui.

Secara keseluruhan, respon positif dari masyarakat Desa Kota Baru dan keberhasilan proyek ini menjadi bukti nyata efektivitas perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan infrastruktur oleh Dinas PUPR Rohul. Apresiasi dari masyarakat ini menjadi dorongan bagi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur di desa-desa lain di seluruh Kabupaten Rokan Hulu.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu di bawah kepemimpinan Anton ST.MM sebagai Kepala Dinas PUPR, berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan infrastruktur yang merata dan berkelanjutan. Hal ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan desa, mengurangi kesenjangan, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di pedesaan.

Dengan demikian, perbaikan infrastruktur jalan Desa Kota Baru ini bukan hanya sekadar proyek fisik, tetapi juga simbol dari upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik.***

Ardi ramadhan