Dinas Perkim Rohul Bangun Kantor Desa Sei Salak, Kades Halomoan Sampaikan Apresiasi

TAKARAN.id, ROHUL – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) kembali melaksanakan pembangunan Kantor Kepala Desa Sei Salak, Kecamatan Rambah Samo.

Pembangunan ini dilakukan sebagai upaya pemulihan infrastruktur yang sempat rusak parah akibat kebakaran pada tahun 2011 silam. Kantor Kepala Desa Sei Salak mengalami kebakaran hebat yang mengakibatkan seluruh bangunan beserta isinya hangus terbakar.

Selama ini, pelayanan administrasi dan pemerintahan desa dilakukan di tempat sementara yang kurang representatif dan kurang nyaman bagi warga.

Untuk mengatasi kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Perkim memutuskan untuk membangun kembali kantor desa tersebut.

Plt Kepala Dinas Perkim Rokan Hulu, Anton, ST., MT menjelaskan bahwa pembangunan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan publik dan memperbaiki infrastruktur yang rusak.

Saat ini progres pembangunan gedung baru kantor kepala desa Sei Salak sudah mencapai 40 persen dengan menelan anggaran sebesar Rp. 600 juta yang digelontorkan dari APBD 2024 dan direncanakan akan selesai tahun ini.

“Kami memahami betapa pentingnya keberadaan kantor desa yang layak untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, pembangunan ini menjadi prioritas kami,” kata Plt Kepala Dinas Perkim Rokan Hulu, Anton, ST., MT kepada takaran.id , Senin (01/07/24).

Ia mengemukakan, pembangunan kantor desa ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Sei Salak.

“Selain sebagai pusat administrasi desa, kantor ini juga diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat, tempat musyawarah, dan berbagai kegiatan lainnya yang mendukung pembangunan desa,” bebernya.

Anton juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga dan merawat bangunan baru ini.

“Kami berharap masyarakat dapat turut serta menjaga dan merawat kantor desa yang baru ini. Ini adalah aset bersama yang harus kita jaga agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama,” kata Anton.

Sementara itu, Kepala Desa Sei Salak, Halomoan, S.Pd, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu atas perhatian dan bantuan yang diberikan.

Menurutnya, pembangunan kembali kantor desa ini merupakan wujud nyata dari kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat.

“Saya, mewakili masyarakat Desa Sei Salak, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Rokan Hulu dan Plt Kadis Perkim, Anton, ST., MM atas pembangunan gedung baru kantor kepala desa. Kami berharap, dengan adanya kantor desa yang baru dan representatif, pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan dan berbagai program pembangunan desa dapat berjalan lebih lancar,” ujar Halomoan.

Halomoan juga menambahkan bahwa masyarakat Sei Salak telah lama menantikan momen ini. Dengan adanya kantor desa yang baru, berbagai kendala yang selama ini dihadapi dalam pelayanan administrasi dapat teratasi. Masyarakat pun merasa lebih dihargai dan diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Selain pembangunan kantor desa, Dinas Perkim Rokan Hulu juga berencana untuk melakukan berbagai program pembangunan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Beberapa program tersebut antara lain pembangunan jalan desa, perbaikan saluran irigasi, dan pembangunan fasilitas umum lainnya.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, diharapkan Desa Sei Salak dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam hal pembangunan dan pelayanan publik.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berkomitmen untuk terus mendukung dan mempercepat pembangunan di berbagai sektor, guna mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Pembangunan kantor kepala desa Sei Salak ini merupakan salah satu bukti nyata dari komitmen tersebut. Semoga dengan adanya kantor desa yang baru, Desa Sei Salak dapat terus berkembang dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (Ardi nst)