Kapolres Rohul Jadi Inspektur Upacara Pada Apel Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 2024

TAKARAN.id, ROHUL – Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Budi Setiyono SIK MH, jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2024, di Lapangan Apel Mako Polres Rohul, Sabtu (1/6/2024) sekitar pukul 07.30 Wib.

Kegiatan dengan Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Bertindak sebagai Perwira Upacara : AKP Abdul Wahab SH, Komandan Upacara : Ipda Ramadhan, Pembawa Acara Bripda Septia Maharani dan ADC Inspektur Upacara Bripda Ramadh Agung Sinaga

Satuan Peserta Upacara, melibatkan yakni Pleton I Gabungan PJU Polres Rohul, Pleton II Gabungan Perwira Polres Rohul, Pleton III Gabungan Samapta Polres Rohul, Pleton IV Gabungan Staf Polres Rohul, Pleton V Gabungan Polsek Polres Rohul dan Pleton VI Gabungan Reskrim,Intel dan Narkoba Polres Rohul.

Tertib upacara, sebagai berikut, Komandan Upacara memasuki Lapangan Upacara langsung mengambil Alih Pimpinan Pasukan, Kapolres Rohul sebagai Inspektur Upacara Memasuki Tempat Upacara, Pasukan Disiapkan, Penghormatan Pasukan kepada Inspektur Upacara, Laporan Komandan Upacara, Mengheningkan Cipta dipimpin Inspektur Upacara.

Kemudian, Pembacaan Teks Pancasila Oleh Inspektur Upacara diikuti seluruh Peserta Upacara, Amanat Inspektur Upacara, Pembacaan Doa, Andhika Bhayangkari, Laporan Komandan Upacara, Penghormatan Pasukan Kepada Inspektur Upacara, Inspektur Upacara Berkenan Meninggalkan Tempat Upacara, Upacara selesai, Pasukan diistirahatkan

Amanat, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH, menyampaikan Hari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni, di tandai pidato Presiden pertama indonesia Ir Soekarno, dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

“Hal ini, dalam upaya merumuskan pancasila yang kemudian disahkan PPKI sebagai Dasar Negara dan mewariskan Pancasila bagi Bangsa dan Negara,”ujar AKBP Budi.

Lanjutnya, Pancasila merupakan landasan ideologi bagi bangsa indonesia. hal itu berarti setiap nilai yang terkandung dalam pancasila harus dijadikan dasar hidup Bernegara.

“Di momen ini kita sebagai warga negara indonesia bersama-sama membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

AKBP Budi menyampaikan, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

“Semua ini sudah di buktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara Indonesia tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,”paparnya.
(Humas Polres Rohul)
Ardi ramadhan