Beberapa Rumah Ibadah Sekaligus Klaim BPJS, Bupati Rohil Serahkan Bantuan

TAKARAN.id, ROHIL – Hari pertama melaksanakan kegiatan Safari Ramadan 1445 Hijriyah, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong salurkan bantuan operasional musala sekaligus serahkan klaim BPJS Ketenagakerjaan kepada pewaris penerima klaim, Jumat malam (22/3/2024) di Musala Al-Insan, Jalan Pelabuhan Baru, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Rohil, Provinsi Riau.

Kegiatan Safari Ramadan di Musala Al-Insan dimulai dengan Shalat Isya berjemaah bersama Bupati Rohil Afrizal Sintong dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana operasional 3 rumah ibadah.

Adapun diantaranya, Musala Al-Insan Kelurahan Bagan Barat sebesar Rp juta, Masjid Ar-Ridha Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar Rp 50 juta dan Musala Al-Madani Kelurahan Bagan Punak Rp 30 juta.

Pada kesempatan tersebut Bupati Rohil didampingi Kepala Cabang BPJS Rohil, Achmad Syubaiki menyerahkan klaim BPJS Ketenagakerjaan untuk santunan jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun atas nama Denny Paradiso Ilyas yang diterima abang kandung penerima klaim, H. Yan Faisal sebesar Rp 138.600.610.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan agar pengelolaan zakat dapat terkordinasi dan terakomodir secara administrasi oleh Baznas Kabupaten Rohil sehingga penyaluran zakat dapat tepat sasaran.

“Kita ingin penerimaan zakat pada bulan Ramadan ini terkordinasi dan terakomodir secara administrasi oleh Baznas sehingga nantinya pembagian zakat itu tepat sasaran. Pengurus zakat atau amil zakat di masjid dan musala yang ada di setiap kelurahan dan kepenghuluan itu agar diberikan SK oleh lurah atau penghulu sehingga pengurus amil zakatnya resmi dan bisa terakomodir oleh Baznas. Sehingga penyaluran zakat kepada fakir, miskin, duafa, mualaf, dan pengurus amil zakat itu sendiri tepat sasaran serta terkodinir. Dan secara administrasi data fakir, miskin dan lainnya itu dapat di pertanggungjawabkan keberadaannya,” terangnya.

Bupati juga berharap agar tidak hanya pengurus amil zakat saja yang diberikan SK tetapi pengurus jenazah atau pelaksana fardu kifayah juga harus di SK-kan agar pelaksanaan fardu kifayah dapat terlaksana dengan baik di setiap RT atau kelurahan.

Selain Bupati, kegiatan Safari Ramadan juga dihadiri Sekda Fauzi Efrizal, Asisten, Ketua MUI Rohil Ucok Indra, Perwakilan Kemenag, Kepala OPD, Ketua Baznas Rohil Jufrizal, camat, lurah serta pengurus dan jemaah musala Al-Insan Kelurahan Bagan Barat.

Safari Ramadan juga diisi dengan tausiah yang disampaikan Ustaz Jufrizal Hasan serta ditutup dengan Salat Sunah Tarawih bersama.

Dalam tausiahnya, Ustaz Jufrizal mengajak kita semua untuk berbuat kebaikan dengan menghilangkan kesusahan orang lain, memberikan rasa senang pada orang lain dan kita mampu menghilangkan rasa laparnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Rohil, Achmad Syubaiki mengajak masyarakat khususnya pekerja informal agar terlindungi dengan jaminan sosial ketanagakerjaan dengan membayar iuran sebesar Rp 16.800 untuk melindungi masyarakat dari resiko kecelakaan kerja dan kematian.***

Editor: Bambang